DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MATERI AJAR ELEKTRONIK DINAMIKA PARTIKEL MELALUI MODEL PENGAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH
PENGARANG:ARIF RISWANDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-01


Keterampilan pemecahan masalah peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik dengan mengembangkan materi ajar elektronik dinamika partikel melalui model pengajaran langsung. Penelitian ini memiliki tujuan khusus, yaitu untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas materi ajar elektronik serta mendeskripsikan pencapaian keterampilan pemecahan masalah peserta didik di setiap pertemuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ASSURE. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experiment design (the one group pretest-posttest design). Subjek uji coba, yaitu 11 peserta didik kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Tanah Grogot. Data-data ditinjau dari hasil validasi 3 validator, hasil angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar pretest posttest, serta pencapaian keterampilan pemecahan masalah peserta didik di setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas materi ajar elektronik berkategori valid, kepraktisan materi ajar elektronik berkategori praktis, dan materi ajar elektronik dikatakan efektif, serta pencapaian keterampilan pemecahan masalah peserta didik berkategori baik. Dengan demikian, diperoleh simpulan bahwa materi ajar elektronik ini layak digunakan dalam pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI