DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUB TEMA 2 HEWAN DI SEKITAR KITA MUATAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DIKOMBINASIKAN DENGAN TALKING STICK DAN MAKE A MATCH KELAS 1 SDN SUNGAI LUMBAH 3 BARITO KUALA
PENGARANG:FITRAH HAFIZA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-01


ABSTRAK

 

Hafiza, Fitrah 2021, “Meningkatkan Hasil Belajar Sub Tema 2 Hewan Di Sekitar Kita Muatan Matematika menggunakan Model Picture and Picture dikombinasikan dengan Talking Stick dan Make a Match Kelas 1 SDN Sungai Lumbah 3 Barito Kuala”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Sutiyarso, M.Pd

Kata Kunci: Hasil Belajar, Picture and Picture, Talking Stick, Make a Match

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas 1 SDN Sungai Lumbah 3 Barito Kuala yang disebabkan oleh pembelajaran yang hanya berlangsung satu arah, kegiatan belajar dan pembelajaran cenderung hanya terpaku pada buku. Tujuan peneliti adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada Tema 7 Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku Sub Tema 2 Hewan di Sekitar Kita Muatan Matematika dengan Model Picture and Picture dikombinasikan dengan Talking Stick dan Make a Match.

Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis data yang akan digunakan adalah analisi data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi dari aktivitas guru dan siswa. Serta data Kuantitatif yang diperoleh dari teknik pengukuran hasil belajar berupa tes tertulis siswa. Aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria “Sangat Baik” dan aktivitas siswa dengan kriteria “Sangat Aktf”. Hasil belajar siswa tuntas jika mencapai nilai ≥70 atau secara klasikal ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kualitas dari aktivitas guru yang semula hanya mencapai kriteria “Baik” pada pertemuan 1 menjadi “Sangat Baik” pada pertemuan 2 siklus 2. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 20% pada kategori “Sangat Aktif dan Aktif” pada pertemuan 1 menjadi 100% pada kategori “Sangat Aktif” pada pertemuan 2 siklus 2. Hasil belajar siswa pertemuan 1 mencapai ketuntasan klasikal 20% kemudian meningkat menjadi 100% pada pertemuan 2 siklus 2.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat baik, serta hasil belajar meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal dengan menggunakan model Picture and Picture dikombinasikan dengan Talking Stick dan Make a Match pada Tema 7 Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku Sub Tema 2 Hewan di Sekitar Kita. Hasil yang didapatkan peneliti ini disarankan sebagai referensi pemilihan dan penggunaan model pembelajaran untuk mata pelajaran Matematika Tema 7 Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku Sub Tema 2 Hewan di Sekitar Kita di kelas 1.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI