DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI KEGIATAN PEREKONOMIAN DAN MATA PENCAHARIAN PENDUDUK MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DAN MIND MAPPING SISWA KELAS 4 SDN SUNGAI TANDIPAH KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:SISKA SEPTIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-01


Septiani, Siska. 2021. Meningkatkan Hasil  Belajar Siswa IPS pada Materi Kegiatan Perekonomian dan Mata Pencaharian Penduduk Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dan Mind Mapping Siswa Kelas 4 SDN Sungai Tandipah Kabupaten Banjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Susilawaty, M.Pd.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Group Investigation (GI), Mind Mapping

            Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar belajar siswa disebabkan siswa kurang terlibat langsung dalam pembelajaran bersifat satu arah serta kurangnya penggunaan model maupun media pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah di kelas 4 SDN Sungai Tandipah Kabupaten Banjar. Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar yaitu menggunakan model Group Investigation dan Mind Mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

            Metode penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN Sungai Tandipah Kabupaten Banjar tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 11 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala presentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 22-31 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari  36,4%  menjadi 91% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 45% menjadi 91%.     Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berhasil menggunakan model Group Investigation (GI) dan Mind Mapping dapat menigkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, yang berdampak pada hasil belajar. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meingkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI