DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMBINAAN FISIK TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PRAJURIT SISWA SECATA RINDA VI/MULAWARMAN
PENGARANG:EFENCI FAMILIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-01


Abstrak

               Kemampuan kesemaptaan prajurit TNI AD adalah faktor penting serta pendukung utama baik untuk karier maupun pelaksanaan tugas. Untuk itu agarRkemampuan fisik prajurit dapat ditingkatkan perlu dibuat program pembinaan jasmani yang benar dan terukur serta dapat dijadikan sebagai pedoman dasar prajurit TNI AD yang dilaksanakan secara perorangan maupun satuan. Tujuan penelitiannini adalah untuk mengetahui pengaruh pembinaan fisik terhadap tingkat kebugaran jasmani prajurit siswa Secata Rindam VI/Mulawarman .

               Penelitian-ini menggunkan penelitiannkuantitatif dengan metodeeyang diterapkan adalahhexpost facto yang artinya meneliti sebabakibat yang tidak dimanipulasi atau tidak diberi perlakuan olehhpeneliti. 

               Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil tes kesemaptaan sebesar 48,62% dari 46,45 pada data awal menjadi 69,03 pada data akhir. Hal itu berarti tingkat kebugaran jasmani Siswa Secata Rindam VI/Mulawarman mengalami-peningkatan dariukategori cukuphpada data awal menjadi kategori baikUpada data akhir, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh antara kegiatan pembinaan fisik harian dengan tingkat kebugaran jasmani melalui tes kesemaptaan Prajurit Siswa Secata Rindam VI/Mulawarman .

 

Kata Kunci : Pembinaan Fisik, Kesemaptaan Jasmani

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI