DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SURVEI SARANA DAN PRASARANA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI KECAMATAN MARABAHAN
PENGARANG:MUHAMMAD RAHUL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-01


ABSTRAK

MUHAMMAD RAHUL. NIM 1710122110022. Survei Sarana dan Prasarana Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Marabahan”. Skripsi, Jurusan           Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (JPOK). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas  Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru 2021. Pembimbing (I) Edwin Wahyu Dirgantoro, S.Or., M.Pd. (II) Akhmad Amirudin, S.Pd., M.Pd.

TujuandalampenelitianiniadalahuntukmengetahuiSarana Prasarana dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan terhadap jumlah siswa sesuai Kompetensi Dasar yang ada pada kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Marabahan.

 

Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalah deskriptif kuntitatif. Penelitian deskriptif kuntitatif adalah penelitian tentang fenomena yang terjadi pada masa sekarang. Prosesnya berupa pengumpulan penyesuain data, serta analisis dan penafsiran data tersebut. Metode dalam penelitian ini adalah metode survei menggunakan lembar observasi berupa pengamatan sebagai alat pengambilan data untuk mencatat hasil dan survei pada setiap sekolah.Teknikanalisisdatayangdigunakanyaitu analisis deskriptif kuntitatif.

Populasidalampenelitianini merupakan Sekolah Menengah Pertama Negeri kecamatan Marabahan. Sedangkan sampel penelitian semua populasi dijadikan objek sehingga penelitian ini dapat dinyatakan sebagai sampel.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio ketersediaan sarana prasarana dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan terhadap jumlah siswa dilihat dari Kompetensi Dasar kurikulum 2013 sesuai tingkatan kelas, di SMPN 1 Marabahan kelas VII A, B, C, Ddan VIII A, B dan C cukup baik sedangkan kelas IX A, B, C dan D kurang, SMPN 3 Marabahan kelas VII A, B, Cdan VIII A, B, C cukup baik, kelas IX A, B dan C kurang. SMPN 4 Marabahan kelas VII A, B, C dan VIII A, B, C cukup baik, kelas IX A, B dan C kurang. SMPN 5 Marabahan kelas VII A, B, C, VIII A, B, C dan  IX A, B, C cukup baik.

KataKunci:Sarana, Prasarana, Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI