DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI VOLUME PRISMA SEGITIGA MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW DIKOMBINASIKAN DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS KELAS 5 SDN PASAR ARBA TABALONG
PENGARANG:TAMJIDILLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-02


Tamjidillah. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Volume Prisma Segitiga  Menggunakan Model Jigsaw Dikombinasikan Dengan Teams Games Tournament Kelas 5  SDN Pasar Arba Tabalong. Skripsi Program Pendidikan Guru SekolahDasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas LambungMangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sutiyarso, M.Pd.

 

Kata Kunci: Jigsaw , Teams Games Tournaments, Meningkatkan Hasil Belajar.

 

Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas siswa mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada materi Volume Prisma Segitiga . Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang  masih mononton dan belum menggunakan model inovatif serta media pembelajaran yang mendukung pembelajaran serta keaktifan siswa  .Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar yaitu melalui penggunaan model Jigsaw yang dikombinasikan dengan Teams Games Tournaments .Tujuan daripenelitian ini adalah untukuntuk  mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjekpenelitian adalah siswa Kelas 5  SDN Pasar Arba  tahun pelajaran2020/2021 sebanyak 11 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatifdan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh dari teknikpengukuran tes tertulis secara individu. Analisis data menggunakan tipeTransformative Mixed Methodes dengan interpretasi menggunakan DescriptiveAnalysis dan Cross Tabulation Analysis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwasiswa pada siklus I pertemuan 1 sampai siklus II pertemuan 2 meningkat dari 61% menjadi 86% dan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 sampai siklus II pertemuan 2 meningkat dari 27,27%menjadi 100% secara klasikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Jigsaw dikombinasikan dengan Teams Games Tournaments dapatmeningkatkan aktivitas siswa serta hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebutsebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampakpada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI