DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KUBUS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL REALME CORE TGT SISWA KELAS V SDN WAWARAN KANDANGAN
PENGARANG:ABIZZAR AL-GIFARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-02


ABSTRAK

 

Algifari, Abizzar 2021. Meningkatkan Motivasi, Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan Matematika Materi Bangun Ruang Kubusmenggunakan kombinasi Model REALME CORE TGT  Pada Siswa Kelas V SDN Wawaran Kandangan. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing  Dr. Hj. Asniwati , S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas , Motivasi , Hasil Belajar, Realistik Mathematics Education (RME), Cooperative, Team Games Tournament (TGT)

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan motivasi siswa dalam pembelajaran, mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan Matematika materi bangun ruang kubus. Hal ini disebabkan Kurangnya pemahaman kemampuan berpikir kritis siswaKurangnya interaksi dan kerjasama siswa dan Rendahnya motivasi belajar siswa. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar yaitu melalui model pembelajaran REALME CORE TGT yang merupakan kombinasi model Realistic Mathematics Education, Cooperative dan Team Games Tournament. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Wawaran Kandangan tahun pelajaran 2020/2021, jumlah siswa sebanyak 12 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan motivasi siswa. Data kuantitaif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisa data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik disajikan dengan dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, dan pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh kriteria cukup aktif, pertemuan II memperoleh kriteria Aktif, dan pertemuan III memperoleh kriteria sangat aktif. Motivasi siswa pada pertemuan I memperoleh kriteria sangat tinggi, pertemuan II memperoleh sangat tinggi, dan pertemuan III mencapaikriteria sangat tinggi. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai kriteria belum tuntas, pertemuan II mencapai kriteria belum tuntas, dan pertemuan III mencapai kriteria tuntas. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model REALME CORE TGT dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa. 

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model REALME CORE TGT dapat meningkatkan aktivitas, Motivasi dan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang kubus Muatan Matematika di kelas V SDN Wawaran Kandangan dan hipotesis dapat diterima. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas,Motivasi dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI