DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA PENGENALAN LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DEMOSTRASI, MAKE A MATCH DAN METODE PEMBERIAN TUGAS
PENGARANG:SITI NURUL MA`RIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-04


Permasalahan rendahnya perkembangan pengetahuan anak pada mengetahui lambang bilangan. Tujuan dari penelitian ialah menganalisis perkembangan kemampuan kognitif anak serta mendeskripsikan aktivitas anak dan aktivitas guru. Jenis penelitian yang dipakai ialah Penelitian Tindakan Kelas dengan 4 tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan 3 kali pertemuan, tempat penelitian pada siswa kelompok B2 terletak di RA Muslimat NU Pasayangan Martapura yang berjumlah 16 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa lembar pengamatan disertai rubrik, foto serta wawancara serta penilaian aspek perkembangan kognitif. Hasil ini membuktikan bahwa aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh skor 19 dengan kriteria baik serta mengalami perbaikan pada pertemuan ke 3 memperoleh skor 26 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak hanya memperoleh 65% dengan kriteria aktif pada pertemuan 1 meningkat hingga memperoleh 88,43% dengan kriteria sangat aktif pada pertemuan 3. Sedangkan hasil perkembangan kognitif anak memperoleh 62,5% mulai berkembang pada pertemuan 1 dan pada pertemuan 3 memproleh 81,25% dengan kriteria berkembang sesuai harapan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI