DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DINAMIKA KELOMPOK “TANI UNGGUL” DI KAMPUNG SAYUR LAURA KELURAHAN LANDASAN ULIN UTARA KECAMATAN LIANG ANGGANG KOTA BANJARBARU
PENGARANG:ELSA KRISNIA MURTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-04


Elsa Krisnia Murti (1610413320011 : 2021) : “Dinamika Kelompok “Tani Unggul” Di Kampung Sayur Laura Kelurahan Landasan Ulin Utara Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru”. Dibawah bimbingan Sandra Bhakti Mafriana selaku Pembimbing dan Safa Muzdalifah selaku penguji I dan Gazali Rahman selaku penguji II.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kedinamisan anggota kelompok tani dengan adanya Dinamika Kelompok dan Faktor yang Mempengaruhi Kelompok “Tani Unggul” di Kampung Sayur LAURA Kelurahan Landasan Ulin Utara Kecamaan Liang Anggang Kota Banjarbaru.

            Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei yang menggunakan angket (kuesioner) sebagai alat pengumpulan data. Skala yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Skala Likert, sedangkan teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis parsial.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika Kelompok “Tani Unggul” memiliki hasil yang baik dan dinamis, jika dilihat dari unsur dinamika kelompok dan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat dinamika kelompok yaitu faktor eksternal dan faktor internal,sebagian besar responden memberikan penilaian yang tinggi.

Adapun saran bagi pemerintah agar lebih memperhatikan petani melalui lembaga penyuluhan, agar kelompok mendapat pendampingan yang memadai, sedangkan untuk kelompok “Tani Unggul” agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja dalam kelompok.

 

Kata Kunci: Dinamika Kelompok, “Tani Unggul”

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI