DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN SIKAP KOOPERATIF DENGAN TEMAN MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING, DEMONSTRASI DAN PERMAINAN TRADISIONAL PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 26 BANJARMASIN
PENGARANG:RIZKA AMELIA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-04


Sari, Rizka Amelia. 2021. Mengembangkan Sikap Kooperatif Dengan Teman Melalui Model Snowball Throwing, Demonstrasi dan Permainan Tradisional Pada Anak Tk B Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 26. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr.Novitawati,S.Psi., M.Pd.

 

Kata Kunci : Bersikap Kooperatif dengan teman, Snowball Throwing, Demonstrasi, dan Permainan Tradisional.

 

 

Permasalahan penelitian ini adalah belum berkembangnya aspek Sosial Emosional dalam bersikap Kooperatif dengan teman, hal tersebut disebabkan oleh kurangnya pengenalan aktivitas anak saat bekerjasama,tolong menolong dengan teman, dan pembelajaran yang kurang menarik dan kreatif selain itu juga tidak melalui tahapan yang semestinya dan media yang diberikan kurang menarik. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui model pembelajaran Snowball Throwing, Demonstrasi dan Permainan Tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK  Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Banjarmasin tahun pelajaran 2020/2021, jumlah anak sebanyak 6 anak. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan diagram dan grafik disajikan dengan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria cukup baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas anak pada pertemuan I mencapai kriteria sebagian kecil anak kurang aktif, pertemuan II mencapai kriteria sebagian kecil anak cukup aktif, pertemuan III mencapai kriteria berhasil dengan kriteria sangat aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar anak pada pertemuan I masih 33%, pertemuan II mencapai 50%, pertemuan III mencapai 83%.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing, Demonstrasi  dan Permainan Tradisional pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Banjarmasin Kec.Banjarmasin Timur dalam Bersikap Kooperatif dengan teman mengalami perkembangan. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai alternatif dalam meningkatkan aktivitas anak khususnya dalam bersikap Kooperatif dengan teman.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI