DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD), DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BASIRIH 8 BANJARMASIN
PENGARANG:NOOR AINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-04


Aina,  Noor. 2021. Meningkatkan AktivitasDan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Menggunakan Kombinasi Model Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Numbered Head Together (NHT), dan Snowball Throwing Pada Siswa Kelas V SD Negeri Basirih 8 Banjarmasin.Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci : Aktivitas dan Hasil Belajar,Student Teams Achievement Division (STAD), Numbered Heads Together (NHT), Snowball Throwing.

 

Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar  siswa, dimana pembelajaran bersifat satu arah, masih banyak siswa yang pasif, siswa tidak terlibat langsung pada pembelajaran dan siswa kurang semangat dan antusias yang mengakibatkan hasil belajar siswa berada di bawah KKM. Penyebab dari masalah tersebut adalah dalam proses pembelajaran siswa kurang aktif sehingga pembelajaran masih bersifat satu arah, siswahanya mendengarkan penjelasan dari guru saja sehingga siswa tidak terlibat langsung pada pembelajaran, dan pembelajaran kurang bermakna. Solusi dalam mengatasi masalah di atas adalah melakukan pembelajaran menggunakan kombinasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), dengan Numbered Heads Together (NHT) dan Snowball Throwing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi Siklus Air pada siswa kelas V SDNegeri 8 Banjarmasin.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 pertemuan, dilaksanakan di kelas V SDNegeri Basirih 8 Banjarmasin yang berjumlah 16 orang siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Analisis data berupa analisis deskriptif dan crosstable.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada pertemuan I hingga pertemuan III dengan perolehan aktivitas guru dalam melaksanakan model pembelajaran mendapatkan skor 25 di pertemuan I, mendapat skor 27 di pertemuan II, dan mendapat skor 29 di pertemuan III. Aktivitas siswa pada pertemuan I yaitu 56,25%, pada pertemuan II yaitu 68,75% dan meningkat pada pertemuan III yaitu 87,50%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa 62,50% di pertemuan I, 81,25% di pertemuan II dan meningkat menjadi 93,75% di pertemuan III.

Berdasarkan temuan dan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru, dalam menggunakan model pembelajaranStudent Teams Achievement Division (STAD), dengan Numbered Heads Together (NHT) dan Snowball Throwing dapat terlaksana dengan baik serta aktivitas siswadan hasil belajarsiswa mengalami peningkatan. Adapun saran bagi guru dan kepala sekolah, penelitian ini dapat dijadikan alternatif atau bahan dalam memilih metode dan model pembelajaran IPA khususnya materi siklus air serta untuk peneliti lain dapat  dijadikan referensi dalam melakukan penelitian berikutnya.

 


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI