DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MENYAJIKAN DATA MENGGUNAKAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALY REPETATION (AIR) DI KOMBINASIKAN DENGAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS 5 SDN SEMANGAT KARYA BARITO KUALA
PENGARANG:MUHAMMAD NASIR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-04


Nasir, Muhammad. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Menyajikan Data Menggunakan Model Auditory Intellectualy Repetation (AIR) Di kombinasikan dengan Model Number Head  Together (NHT) Di  Kelas 5  SDN  Semangat Karya Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Sutiyarso, M.Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Auditory Intellectualy Repetation (AIR) Di kombinasi Model Number Head  Together (NHT).

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas 5 tentang proses pembelajaran dikelas, pembelajaran masih berpusat pada guru,guru hanya menggunakan metode ceramah dan belum menggunakan model pembelajaran sehingga pembelajaran terkesan monoton. Siswa juga kurang menguasai konsep materi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan  hasil belajar siswa kelas 5 SDN Semangat Karya Barito Kuala pada mata pelajaran Matematika materi menyajikan data.

Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 semester genap SDN Semangat Karya Barito Kuala tahun pelajaran 2020/2021, dengan jumlah siswa sebanyak  29 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 siklus I mencapai skor 18 dengan kategori  baik, meningkat menjadi 24 dengan kategori sangat baik pada pertemuan 2 siklus II, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 63,07% (aktif) pada pertemuan 1 siklus I dan meningkat menjadi 84,91% (sangat aktif) pada pertemuan 2 siklus II, serta hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 38% pada pertemuan 1 siklus I dan meningkat menjadi 93,10% pada pertemuan 2 siklus II. Dengan demikian hipotesis dapat diterima. 

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dalam menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetation (AIR) Di kombinasikan dengan model  Number Head  Together (NHT) dapat terlaksana dengan baik serta aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Disarankan agar guru dapat mengembangkan pembelajaran yang inovatif seperti model pembelajaran pada penelitian ini sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI