DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT BUAH SEGAR DI OTLET KEBUN MAS UNTUNG BANJARBARU
PENGARANG:MAHFUS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-04


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiatribut yang diinginkan konsumen dalam pemutusan pemilihanbuah segar di Outlet Kebonan Mas Untung Banjarbaru. Penelitian ini dimulai dari bulan September 2020 – Desember 2020.

 

Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 30 orang. Analisis dilakukan dengan deskriptif.Responden akan memberikan penilaian terhadap masing-masing atribut, dengan nilai atau skor -2 sampai 2, nilai 2 sebagai nilai/skor tertinggi untuk atribut yang terpilih.Atribut yang mempengaruhi konsumen terhadap keputusan pembelian buah segar menggunakan total skor tertinggi. Total skor tertinggi merupakan penjumlahan dari nilai skor masing-masing atribut yang memiliki memiliki total skor tertinggi. Hasil dari jawaban pemilihan atribut yang yang mendasari konsumen/responden dalam keputusan pembelian buah segar di jabarkan melalui tabel frekuensi.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa presepsi konsumen dan sikap konsumen terhadap atribut yang dimiliki buah segar di Outlet Kebonan Mas Untung Banjarbaru, yaitu atribut kesegaran dari buah segarsebagai atribut yang diinginkan konsumen dalam pemutusan pemilihan buah segar. Selain itu atribut kesegaran buah segar memiliki nilai total skor tertinggi sebesar 46 dari penilaian konsumen. Sedangkan atribut buah segar memiliki nilai total skor terrendah adalah atribut aroma dengan skor 27 dari penilaian konsumen. Hal ini disebabkan,tanggapan konsumen terhadap aroma buah segar yang akan dibeli, yakni 64% konsumen menyatakan relatif harumterhadap aroma buah segar di Outlet Kebonan Mas Untung, 13% konsumen menyatakan sangat harum, khas buah matangdan 23% konsumen menyatakan cukup haurm.

 

Atribut yang tidak bisa diteliti karena tidak tersedia yaitu rasa. Sebaiknya, pedagang di Outlet Kebonan Mas Untung Banjarbaru mengadakan tester, terutama terhadap buah-buah yang jarang ada di pasar umum, seperti buah Delima, Kiwi Red, Jeruk Murcot dan Jeruk Baby Java.Outlet Kebonan Mas Untung Banjarbaru perlu mempertahanakn identitasnya sebagai toko buah yang berpandangan pada pola hidup sehat dengan menyajikan produk buah segar organik. Kenyamanan Outlet Kebonan Mas Untung Banjarbaru perlu untuk terus ditingkatkan pelaksanaanya, misalnya dengan mengubah layout ruangan, kemudahan dalam pengambilan dan pemilihan buah, melakukan grade ukuran buah yang nantinya berpengaruh terhadap harga sehingga konsumen bisa mempunyai pilihan, informasi buah yang lengkap dalam bentuk visual baik dari sisi harga dan manfaat buah tersebut

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI