DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MODEL DRTA, SCRAMBLE, DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SDN ALUH -ALUH BESAR 1
PENGARANG:SAIDAH SYARKAWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-04


Syarkawi, Saidah 2021. Meningkatkan Aktivitas Keteramoilan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada Siswa Kelas IV SDN Aluh - Aluh Bedar 1. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. H. Khairil Anwar, M.Pd. 

  Kata Kunci: Aktivitas, Keterampilan Membaca Pemahaman, Model Directed Reading Thinking Activity (DRTA)

Budaya literasi merupakan suatu keharusan bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi era revolusi industri 4.0, tanpa keterampilan literasi di era ini seseorang akan tergilas oleh perkembangan zaman. Salah satu jenis literasi dasar yaitu membaca. Permasalahan ditemukan pada keterampilan membaca pemahaman dalam mencari kalimat utama suatu paragraf masih rendah di SDN Aluh-Aluh Besar 1. Tahun ajaran 2019/2020 diperoleh data siswa dengan  KKM yang ditetapkan 70 jumlah siswa 28 orang, hanya 13 siswa (46%) yang mencapai nilai ≥70, selebihnya belum berhasil. Hal ini disebabkan siswa kurang kritis, aktif, penyajian materi yang kurang inovatif yang berdampak pada pembelajaran membosankan. Hal tersebut urgen diatasi karena berakibat pada keterampilan literasi yang rendah serta hasil belajar siswa tidak optimal, maka tidak dapat bersaing secara nasional dan global. Solusinya menggunakan model Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Aluh-Aluh besar 1.

Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan PTK dengan 4 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dan tes hasil belajar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Aluh-Aluh Besar 1 dengan jumlah 28 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru, observasi siswa, dan tes hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan deskriptive analysis dan cross tabulation analysis. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai 32-40 dengan persentase ≥82% kategori “Sangat Baik”, aktivitas siswa ≥82% termasuk kriteria “Sangat Aktif”, motivasi belajar siswa  ≥82% termasuk kriteria “Sangat Tinggi”, serta hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal ≥80% kreteria “Sangat Baik”.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) aktivitas guru meningkat mencapai skor 38 dengan persentase 95% kreteria “Sangat Baik”. 2) aktivitas siswa 100%  kreteria “Sangat Aktif” , serta 3) hasil belajar siswa meningkat 100% dengan kreteria “Sangat Baik”. Dengan demikian model Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa, dan hasil belajar siswa secara signifikan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI