DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING DIKOMBINASIKAN DENGAN SAVI DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH BERSUBSIDI TELUK BETUNG
PENGARANG:NORUL ARIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-04


Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hal tersebut disebabkan pembelajaran masih bersifat konvesional, model pembelajaran tidak bervariasi dan tidak menarik, pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center) serta siswa masih sulit memahami konsep materi. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Solving, SAVI dan Course Review Horay dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Bersubsidi Teluk Betung, Kabupaten Hulu Sungai Utara yang berjumlah 9 orang siswa terdiri dari 9 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 22 dengan kriteria “Sangat Baik”, kemudian memperoleh skor aktivitas guru pada pertemuan III yaitu menjadi skor 27 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 55,56% dengan kriteria “Cukup Aktif” meningkat pada pertemuan III menjadi 100% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Untuk hasil belajar siswa pada pertemuan I dengan ketuntasan klasikal 66,67% meningkat pada pertemuan III dengan ketuntasan klasikal 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Solving, SAVI dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Adapun saran untuk guru, kepala sekolah dan peneliti lain adalah penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menulis menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI