DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI VOLUME BALOK MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DIKOMBINASIKAN DENGAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DAN COURSE REVIEW HORAY KELAS 5 SDN GAMBUT 5 | |
PENGARANG | : | SAPNAH WARDINI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-10-04 |
Wardini, Sapnah. 2021.Meningkatkan HasilBelajar Materi Volume Balok Menggunakan Model Teams Games Tournament dikombinasikan dengan Realistic Mathematic Education dan Course Review Horay Kelas 5 SDN Gambut 5.Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Sutiyarso, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Teams Games Tournament, Realistic Mathematic Education, Course Review Horay.
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas 5 SDN Gambut 5 disebabkan oleh kegiatan belajar dan pembelajaran yang kurangnya aktivitas siswa, komunikasi berjalan satu arah, dan pembelajaran bersifat abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta menganalisis hasil belajar siswa pada materi volume balok dengan model Teams Games Tournament dikombinasikan dengan Realistic Mathematic Education dan Course Review Horay.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenisPenelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan di kelas 5 SDN Gambut 5 dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang. Teknik pengambilan data dengan observasi pada aktivitas guru dan aktivitas siswa sedangkan pengambilan data dengan tes tertulis yaitu pada hasil belajar siswa kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.
Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan dalam siklus selalu meningkat dari skor 19 kriteria “Baik”, meningkat menjadi skor 24 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 49% kriteria “Cukup Aktif” dan meningkat pada siklus 2 pertemuan 2 menjadi 84% kriteria “SangatAktif”. Serta hasil belajar siswa pada siklus 1 pertemuan 1 memperoleh 31% dan meningkat pada siklus 2 pertemuan 2 menjadi 87%.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta hasil belajar meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal.Disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI