DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PERAN SATUAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT (SATLINMAS) DALAM PENANGGULANGAN BENCANA DI KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:AKHMAD SUFIAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-04


ABSTRAK

Akhmad Sufian, 2021, Strategi Pemberdayaan Masyarakat Sebagai Upaya Perningkatan Peran Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Dalam Penanggulangan Bencana Di Kabupaten Balangan. Tesis, Program Studi Magister Administrasi Pembangunan, Program Pasca Sarjana Universitas Lambung Mangkurat. Muhammad Anshar Nursebagai pembimbing I dan Yusuf Hidayatsebagai pembimbing II.

Kata Kunci : Strategi, Pemberdayaan Masyarakat, Satlinmas, Penaggulangan Bencana

Masalah yang diteliti menyangkut bagaimana potensi yang dimiliki Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) serta strategi pemberdayaan masyarakat dalam upaya meningkatkan peran Satlinmas dalam penanggulangan bencanadi Kabupaten Balangan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif diskriptif, sehingga diperoleh data yang menggambarkan mekanisme sebuah proses dan menciptakan seperangkat kategori atau pola yang lebih komprehensif, valid, reliable dan objektif. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada tokoh kunci yaitu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Kepala Badan Penanggulangan Bencana, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Sekretaris KPU, Kasi Perlindungan Masyarakat, Kepala Desa Balida dan anggota Satlinmas Desa Balida Kabupaten Balangan.

                          Hasil Penelitian menunjukan permasalahan yang ditemukan dalam upaya meningkatkan peran Satlinmas dalam penanggulangan bencanadi Kabupaten Balangan adalah koordinasi antar instansi yang mempunyai kewenangan dalam pembinaan satlinmas tidak terjalin dengan baik, rendahnya tingkat pendidikan, biaya operasional yang kecil, peningkatan kapasitas belum mencukupi karena kurangnya porsi anggaran.

                          Strategi Pemberdayaan masyarakat dalamupaya peningkatan peran Satlinmas dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Balanganyang tepat digunakan adalah mengkombinasikan strategi SO atau strength dan opportunitydan Strategi WT atau Weaknesses dan Threath.Strategi tersebut berupayamemaksimalkan kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada secara maksimaldan mengantisipasi segala ancaman dengan menjawab segala tantangan.

Strategi Pemberdayaan masyarakat dalamupaya peningkatan peran Satlinmas dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Balangan dapat dilakukan dengan cara meningkatkan besaran uang operasional berbasis kegiatan bagi anggota Satlinmas dan membentuk Tim pembinaan dan peningkatan kapasitas anggota Satlinmas yang melibatkan semua pemangku kepentingan yang mempunyai tugas dan fungsi sejalan dengan tugas dan fungsi Satlinmas.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI