DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Program Pemberdayaan Masyarakat (Studi Desa Kintapura Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut)
PENGARANG:NURUL HUSNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-04


ABSTRAK

Nurul Husna, 1610413220019, 2021, “Efektivitas Program Pemberdayaan Masyarakat  (Studi Desa Kintapura Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut)” di bawah bimbingan Suriansyah Umar.

Program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan di Desa Kintapura dari tahun 2018-2020 belum mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh Pemerintah Desa Kintapura hal ini yang melatarbelakangi penelitian ini . Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas dari program pemberdayaan masyarakat studi Desa Kintapura Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut.  Teori yang digunakan dalam penelitian iniyaitu pengukuran efektivitas menurut Cambell J.P dalam buku Mutiarin Manajemen Birokrasi dan Kebijakan yang terdiri dari tiga indikator, yaitu ketepatan program, ketepatan sasaran, dan pencapaian tujuan menyeluruh. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini yaitu Kepala Desa, Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, serta ada empat orang masyarakat Desa Kintapura yang pernah mengikuti program.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas program pemberdayaan masyarakat di Desa Kintapura tidak efektif. Hal ini dapat dilihat dari tidak tercapainya tujuan program pemberdayaan masyarakat yang dibuat oleh Pemerintah Desa. Setelah mengikuti semua program pemberdayaan masyarakat, semua peserta tidak ada yang menjadikannya sebagai sumber mata pencarian. Selain itu, karena tidak ada yang menjadikan sebagai mata pencarian ini juga berakibat pada tidak adanya lapangan pekerjan baru sehingga tidak bisa mengurangi pengangguran yang ada di Desa Kintapura. Kemudian keterampilan yang didapat pada saat mengikuti program pelatihan tidak dikembangkan, hal ini juga menyebabkan tidak meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang bertujuan untuk membuat masyarakat Desa Kintapura menjadi lebih mendiri.

 

 

 

 

 

 

Kata Kunci : Efektivitas, Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI