DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, DISIPLIN, DAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN TEMA 8 MENGGUNAKAN MODEL DETEKTIF PADA SISWA KELAS V SDN SUNGAI PITUNG BARITO KUALA
PENGARANG:ILHAM MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-04


ABSTRAK

 

Maulana, Ilham. 2021. Meningkatkan Aktivitas, Disiplin, Dan Hasil Belajar Siswa Muatan PPKn Tema Lingkungan Sahabat Kita Menggunakan Model DETEKTIF Di Kelas V SDN Sungai Pitung Barito Kuala. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S. Pd, M. Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas, Disiplin, Hasil Belajar Model DETEKTIF, Problem Based Learning, Group Investigations dan Teams Games Tournament.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah karena siswa belum terlatih dalam menggali informasi, siswa kurang memahami langkah-langkah pemecahan masalahdari  masalah yang tersedia sehingga mengakibatkan rendahnya aktivitas siswa kelas V SDN Sungai Pitung pada pelajaran PPKn. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas, disiplin belajar, dan hasil belajar yaitu melalui model pembelajaran DETEKTIF (berpikir kritis memecahkan masalah aktif dan inovatif) yang diadopsi dari model pembelajaran Problem Based Learning, Group Investigations dan Teams Games Tournament. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, disiplin belajar dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Sungai Pitung Barito Kuala tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan angket disiplin belajar. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskripsi analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interprestasi dengan presentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 cukup baik, pertemuan 2 baik, dan pertemuan 3 sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 cukup aktif, pertemuan 2 aktif, dan pertemuan 3 sangat aktif. Disiplin belajar siswa pertemuan 1 cukup disiplin, pertemuan 2 disiplin, dan pertemuan 3 sangat disiplin, dengan setiap pertemuannya mengalami peningkatan. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 50%, pertemuan 2 mencapai 80%, dan 3 mencapai 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran DETEKTIF dapat meningkatkan aktivitas, disiplin dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut merupakan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI