DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MUATAN PKN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL), MAKE A MATCH, DAN MIND MAPPING PADA KELAS V UPTD SDN 1 KUNYIT PELAIHARI KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:SEVA AMELIA WONGKAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-04


ABSTRAK

Wongkar, Seva Amelia2021  MeningkatkanAktivitas Dan Hasil Belajar Tema Lingkungan Sahabat Kita Muatan PKn Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Make A Match, Dan Mind Mapping Pada Kelas V UPTD SDN 1 Kunyit Pelaihari Kabupaten Tanah Laut”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Amberansyah, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar Siswa, Problem Based Learning (PBL), Make A Match, Dan Mind Mapping.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Karena siswa tidak mampu berpikir kritis dalam pembelajaran, pembelajaran belum bermakna, belum mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah, siswa kurang bersemangat, kurangnya motivasi siswa saat belajar dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa di kelas UPTD SDN 1 Kunyit Pelaihari Kabupaten Tanah LautTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa Pembelajaran Pkn menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Make A Match, Dan Mind Mapping Pada Kelas V UPTD SDN 1 Kunyit Pelaihari Kabupaten Tanah Laut.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V UPTD SDN 1 Kunyit Pelaihari Kabupaten Tanah Laut yang berjumlah 6 orang siswa terdiri dari 3 orang siswa laki-laki dan 3 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kemudian menggunakan data kuantitatif diperoleh teknik tes tertulis secara individu. Analisis data dengan teknik descriptif analisis yang disajikan dalam grafik dan tabel di interprestasi dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru dilaksanakan dengan sangat baik. Pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. (2) Aktivitas siswa mengalami peningkatan. Pada pertemuan 1 mencapai 16,67%, pertemuan 2 mencapai 66,67%, pertemuan 3 mencapai 83,33%, dan pertemuan 4 mencapai 100% atau “seluruh siswa sangat aktif”. (3) Ketuntasan hasil belajar klasikal pada pertemuan 1 mencapai 33,33%, pada pertemuan 2 mencapai 66,67%, pada pertemuan 3 mencapai 83,33% dan pertemuan 4 mencapai 100% siswa tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Make A Match, Dan Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Ada pun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai alternative dalam peningkatan proses belajar mengajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI