DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY TERBIMBING DAN MAKE A MATCH UNTUK SISWA KELAS V SD
PENGARANG:YUSTINA PRASTIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-04


ABSTRAK

 

Prastika, Yustina. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan 

IPA Menggunakan Model Discovery Terbimbing dan Make A Match Di Kelas V SDN Karang Taruna 3, Pelaihari. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Ratna Purwanti, S.Pd., M.Pd. 

 

Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa, Discovery Terbimbing dan Make A Match.

 

Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SDN Karang Taruna 3 Pelaihari yang disebabkan oleh siswa belum memperlihatkan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa muatan IPA dengan menggunakan Model Discovery Terbimbing dan Make A Match..

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa belajar dan tes hasil belajar. Indikator keberhasilan penelitian ini apabila ketuntasan belajar mencapai secara klasikal 80% siswa mendapat nilai ≥75.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 dan 2 mencapai kriteria baik, pertemuan 3 dan 4 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 dan 2 mencapai kriteria aktif, pertemuan 3 dan 4 mencapai kriteria sangat aktif. Pada pertemuan 1 ketuntasan klasikal hasil belajar siswa 30%. Pada pertemuan 2 ketuntasan klasikal hasil belajar siswa 40%. Pada pertemuan 3 ketuntasan klasikal hasil belajar siswa 80%. Pada pertemuan 4 ketuntasan klasikal hasil belajar siswa 90%. 

Berdasarkan hasil penelitian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Terbimbing dan Make A Match aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, mampu meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat disarankan sebagai alternatif dalam pemilihan model pembelajaran untuk mata pelajaran IPA di kelas V.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI