DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA MENGGUNAKAN MODEL CTL, TAG, TGT SISWA KELAS 5 SDN 2 SARIGADUNG KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:HENNY SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-04


Kata Kunci: Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Menggunakan Model Contextual Teaching Learning (CTL), Take And Give (TAG), dan Team Game Tournament (TGT).
Permasalahan yang terjadi pada pembelajaran di Sekolah Dasar belum sesuai dengan harapan. siswa masih belum mampu untuk memecahkan masalah dan siswa kurang berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran tanya jawab maupun diskusi dengan baik materi keberagaman budaya indonesia mengenai keberagaman suku, Bahasa dan rumah adat daerah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini yaitu menggunakan model Contextual Teaching Learning (CTL), Take And Give (TAG), dan Team Game Tournament (TGT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa,dan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Contextual Teaching Learning (CTL), Take And Give(TAG), dan Team Game Tournament (TGT).Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN 2 SarigadungKabupaten Tanah Bumbu yang berjumlah 25 orang.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik telah terlaksana sesuai dengan harapan dengan hasil aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari skor 12 dengan kriteria baik menjadi 20 dengan kriteria sangat baik. Observasi aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 3 secara klasikal meningkat dari 44% dengan kriteria sebagian kecil aktif menjadi 96% dengan kriteria hampir seluruh siswa aktif. Hasil belajar aspeksiswa pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 64% menjadi 100%. Berdasarkan penelitian ini maka model Contextual Teaching Learning (CTL), Take And Give (TAG), dan Team Game Tournament (TGT)dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan modelContextual Teaching Learning (CTL), Take And Give (TAG), dan Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI