DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK TOPIK TERMODINAMIKA UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
PENGARANG:ANGGITA NUR HIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-04


Tujuan penelitian ini ialah menghasilkan bahan ajar elektronik topik 

termodinamika yang layak untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah 

peserta didik. Bahan ajar elektronik yang dikembangkan yaitu RPP, materi ajar, 

LKPD, dan THB. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan 

model ADDIE dan uji coba kelas menggunakan one group pre-test dan post-test.

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Bhakti Bangsa Banjarbaru dengan kelas uji 

coba yaitu XB (Teknik dan Bisnis Sepeda Motor) & XE (Multimedia) dengan total 

peserta didik sebanyak 22 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan 

terdiri dari angket kebutuhan guru mata pelajaran fisika, lembar validasi, angket 

respons kepraktisan, dan tes hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data pada 

penelitian ini dilakukan secara deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian 

menunjukkan bahwa: 1) Validitas bahan ajar elektronik berkategori baik, 2) 

Kepraktisan bahan ajar elektronik berkategori cukup baik. 3) Efektivitas bahan ajar 

elektronik berkategori baik. Dapat ditarik kesimpulan bahwa bahan ajar elektronik 

topik termodinamika untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah peserta 

didik masih belum layak digunakan dalam proses pembelajaran dan memerlukan 

revisi/penyempurnaan dikarenakan pada hasil uji kepraktisan masih belum 

mencapai kategori minimum yaitu baik. Saran untuk penelitian selanjutnya ialah 

dapat memiliki keterbaruan terhadap bahan ajar yang layak dan dapat digunakan 

untuk mempermudah kegiatan pembelajaran dengan penyesuaian teknologi terkini.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI