DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK TOPIK TERMODINAMIKA UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH | |
PENGARANG | : | ANGGITA NUR HIDAYAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-10-04 |
Tujuan penelitian ini ialah menghasilkan bahan ajar elektronik topik
termodinamika yang layak untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah
peserta didik. Bahan ajar elektronik yang dikembangkan yaitu RPP, materi ajar,
LKPD, dan THB. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan
model ADDIE dan uji coba kelas menggunakan one group pre-test dan post-test.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Bhakti Bangsa Banjarbaru dengan kelas uji
coba yaitu XB (Teknik dan Bisnis Sepeda Motor) & XE (Multimedia) dengan total
peserta didik sebanyak 22 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan
terdiri dari angket kebutuhan guru mata pelajaran fisika, lembar validasi, angket
respons kepraktisan, dan tes hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data pada
penelitian ini dilakukan secara deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) Validitas bahan ajar elektronik berkategori baik, 2)
Kepraktisan bahan ajar elektronik berkategori cukup baik. 3) Efektivitas bahan ajar
elektronik berkategori baik. Dapat ditarik kesimpulan bahwa bahan ajar elektronik
topik termodinamika untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah peserta
didik masih belum layak digunakan dalam proses pembelajaran dan memerlukan
revisi/penyempurnaan dikarenakan pada hasil uji kepraktisan masih belum
mencapai kategori minimum yaitu baik. Saran untuk penelitian selanjutnya ialah
dapat memiliki keterbaruan terhadap bahan ajar yang layak dan dapat digunakan
untuk mempermudah kegiatan pembelajaran dengan penyesuaian teknologi terkini.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI