DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL SOTO KELAS IV SDN TELAGA BIRU 4 BANJARMASIN
PENGARANG:NURMIETHA KARTIKA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-04


Sari, Nurmietha Kartika. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi Menggunakan Model SOTO Kelas IV SDN Telaga Biru 4 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Fathul Jannah, M. Pd.

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, IPS, Model SOTO.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa muatan IPS. Hal ini disebabkan siswa pasif karna kurang bisa berkomunikasi dan bekerjasama, pembelajaran bersifat satu arah dan siswa kurang semangat dalam belajar. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model SOTO. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan pada empat kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Telaga Biru 4 Banjarmasin pada siswa kelas IV berjumlah 12 orang yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan pada semester genap SDN Telaga Biru 4 Banjarmasin. Jenis data dalam penelitian ini kualitatif dan kuantitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup baik, pertemuan 2 mencapai kriteria baik, pertemuan 3 dan pertemuan 4 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria kurang aktif, pertemuan 2 mencapai kriteria cukup aktif,pertemuan ke 3 mencapai kriteria aktif, pertemuan 4 mencapai kriteria sangat aktif. Pada pertemuan 1 ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 33%, pada pertemuan 2 ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 50%, pada pertemuan 3 ketuntasan hasil klasikal belajar 75%,  dan pada pertemuan 4 ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 92%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model SOTO dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan hipotesis dapat diterima. Sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dapat dijadikan salah satu pertimbangan dan alternatif dalam mengelola pembelajaran sehingga siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI