DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI LITERATUR: MATERI MOBILITAS SOSIAL PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
PENGARANG:RINAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-05


Abstrak

Rinawati, 2021. Studi Literatur: Materi Mobilitas Sosial Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama (SMP). Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum dan Pembimbing II: Jumriani, M.Pd.

Pembelajaran IPS kelas VIII semester I di dalam buku teks Kurikulum 2013 cetakan kedua yang diterbitkan oleh pemerintah belum sepenuhnya memuat tentang konten lokal sehingga peneliti disini kemudian akan memuat beberapa konten lokal dari buku teks tentang materi mobilitas sosial kelas VIII revisi 2017 semester II karena disana masih minim akan contoh lokal dengan tujuan untuk menambah pengetahuan peserta didik mengenai pergerakan sosial yang terjadi daerahnya sendiri.

Metode penelitian ini menggunakan studi literatur yang mana untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan dari penelitian ini. Studi literatur dilakukan dengan cara merangkum dan mereview dari beberapa penelitian untuk menginterpretasikan penelitian ini dengan menggunakan berbagai sumber yaitu terdiri dari beberapa klasifikasi sumber, seperti Jurnal ilmiah, Buku/Ebook, serta Undang-Undang.

Hasil studi literatur memastikan bahwa: (1) Mobilitas sosial merupakan perubahan status sosial atau posisi sosial individu, keluarga, atau kelompok dalam hierarki masyarakat. (2) Mobilitas sosial terbagi menjadi dua bentuk yaitu mobilitas sosial vertikal dan mobilitas sosial horizontal. (3) Faktor pendorong mobilitas sosial yaitu faktor struktural, faktor individu, faktor sosial, faktor ekonomi, faktor politik dan kemudahan akses dalam pendidikan. Sedangkan faktor penghambat mobilitas sosial yaitu kemiskinan dan diskriminasi. (4) Saluran-saluran mobilitas sosial terbagi menjadi empat bagian yaitu: lembaga pendidikan, organisasi politik, organisasi ekonomi dan organisasi profesi. (5) Dampak adanya mobilitas sosial tentunya ada dampak positif dan negatif nya serta juga memungkinkan terjadinya ketidakpuasan dan ketidakbahagiaan di benak seseorang karena impian yang di ingin-inginkan tidak selalu semuanya berjalan dengan mudah.

Kata Kunci: Buku Teks, Mobilitas Sosial, Pembelajaran IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI