DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI BERBAGAI HAMBATAN SERTA UPAYA MENGATASI MASALAH GURU PJOK DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP DAN SMA SE-KECAMATAN AMUNTAI TENGAH
PENGARANG:M.RAFI`I
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-05


                                                                       ABSTRAK

M. RAFI’I NIM. 1710122210019. Studi Berbagai Hambatan Serta Upaya Mengatasi Masalah Guru PJOK Dalam Melaksanakan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP dan SMA Se-Kecamatan Amuntai Tengah. Skiripsi, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Drs. Sofyan, M.Pd. (II) Dr. Sunarno Basuki, Drs., M.Kes., AIFO.

Tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui apa saja hambatan serta upaya mengatasi masalah Guru PJOK dalam melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di SMP dan SMA Se-Kecamatan Amuntai Tengah. 

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Guru PJOK di SMP dan SMA Se-Kecamatan Amuntai Tengah. Sampel penelitian ini menggunakan total sampling yaitu sebanyak 10 orang Guru PJOK. Data dikumpulkan menggunakan wawancara dan kuesioner angket.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat di simpulkan bahwa hambatan guru PJOK dalam melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di SMP dan SMA Se-Kecamatan Amuntai Tengah mempunyai hambatan yang tidak jauh berbeda yaitu kendala di jaringan (seperti sinyal susah/tidak ada paket internet) kemudian guru meminta pihak sekolah untuk menyediakan kouta gratis yang sinyalnya kuat di daerah tempat tinggal peserta didik tersebut, peserta didik kurang aktif ketika pembelajaran daring berlangsung kemudian guru membuat pembelajaran sekreatif mungkin agar peserta didik tidak bosan contohnya seperti menambahkan audio/video yang membuat peserta didik tertarik dan lebih memperhatikan pembelajaran, guru juga tidak bisa memantau kesalahan praktek peserta didik sehingga guru menambah/melaksanakan pembelajaran luring di beberapa sekolah untuk peserta didik lebih maksimal dalam melaksanakan pembelajaran praktek namun tetap dengan protokol kesehatan.

Kata Kunci : Hambatan Guru PJOK, Pembelajaran, Upaya Mengatasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI