DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KONSEP VALUE FOR MONEY DALAM PERWUJUDAN AKUNTABILITAS ANGGARAN PADA BPKAD KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:WASPINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-05


Waspini. (2021). “Implementasi Konsep Value For Money dalam Perwujudan Akuntabilitas Anggaran pada BPKAD Kabupaten Banjar”, Pembimbing: Nur Astri Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi konsep value for money dalam perwujudan akuntabilitas anggaran pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan objek yang diteliti adalah data realisasi pencapaian kinerja dan keuangan yang terdapat pada LAKIP BPKAD Kabupaten Banjar tahun anggaran 2016 - 2019.  Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif berdasarkan tiga elemen pada konsep value for money yaitu ekonomis, efisiensi dan efektivitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan dan aset daerah pada BPKAD Kabupaten Banjar dinilai sudah dapat mewujudkan akuntabilitas atau pertanggungjawaban anggaran karena dari sisi pengelolaan anggarannya sudah ekonomis dan efisien walaupun tidak memenuhi kriteria efektif karena belum dapat mencapai target yang ditetapkan.Selama tahun anggaran 2016-2019 diperoleh uji rasio ekonomis sebesar 80,73%  dengan kriteria ekonomis sedangkan untuk uji efisiensi diperoleh rasio sebesar 116,29% dengan kriteria efisien, adapun untuk uji efektivitas diperoleh rasio 85,06% dengan kriteria tidak efektif.

Kata kunci : ekonomis, efisiensi, efektivitas, value for money, akuntabilitas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI