DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MEMPREDIKSI POTENSI FINANCIAL DISTRESS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ALTMAN Z-SCORE MODIFIKASI, MODEL ZMIJEWSKI DAN MODEL SPRINGATE (Studi Pada Perusahaan Asuransi Jasa Tania Tbk dan Perusahaan Asuransi Kresna Mitra Tbk Tahun 2016-2019)
PENGARANG:PUTRI KHAIRINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-05


 

ABSTRAKSI

 

Putri Khairina (2021). Analisis Rasio Keuangan untuk Memprediksi Potensi Financial Distress dengan Menggunakan Model Altman Z-Score Modifikasi, Model Zmijewski dan Model Springate(Studi Pada Perusahaan Asuransi Jasa Tania Tbk dan Perusahaan Asuransi Kresna Mitra Tbk Tahun 2016-2019). Pembimbing: Novika Rosari.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi keuangan perusahaan terkait potensinya mengalami kondisi kesulitan keuangan atau financial distress. Penelitian ini menggunakan model prediksi potensi financial distress dan dilakukan pada Perusahaan Asuransi Jasa Tania Tbk dan Perusahaan Asuransi Kresna Mitra Tbk dengan memanfaatkan data laporan keuangan perusahaan.

 

Model prediksi potensi financial distress yang digunakan ialah Model Altman Z-Score Modifikasi, Model Zmijewski, dan Model Springate. Hasil prediksi kemudian dibandingkan dengan nilai Risk Based Capital (RBC) yang bertujuan untuk melihat apakah hasil prediksi memiliki hasil yang sama dengan Risk Based Capital (RBC) perusahaan asuransi. Risk Based Capital (RBC) mencerminkan kondisi kesehatan keuangan perusahaan dan berdasarkan peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 71/ POJK.05/2016 perusahaan asuransi minimal memiliki Risk Based Capital (RBC) sebesar 120%.

 

Hasil Penelitian menujukkan bahwa berdasarkan Model Altman Z-Score Modifikasi Perusahaan Asuransi Jasa Tania Tbk dan Perusahaan Asuransi Kresna Mitra Tbk selama tahun 2016-2019 tidak berpotensi mengalami financial distress dan model memiliki tingkat akurasi 100% begitupula dengan Model Zmijewksi yang memiliki hasil yang sama dengan Model Altman Z-Score Modifikasi. Sedangkan menurut Model Springate Perusahaan Asuransi Jasa Tania Tbk diprediksi memiliki potensi financial distress pada tahun 2016 dan 2017, serta pada Perusahaan Asuransi Kresna Mitra Tbk diprediksi memiliki potensi financial distress pada tahun 2019. Model Springate memiliki tingkat akurasi 62,5%.

 

Kata Kunci: Prediksi Financial Distress, Risk Based Capital, Altman Z-Score Modifikasi, Zmijewski, Springate, Perusahaan Asuransi

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI