DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, PROFITABILITAS, CAPITAL INTENSITY DAN INVENTORY INTENSITY TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (Studi pada Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2019)
PENGARANG:ADITYA PUTRA PRATAMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-05


ABSTRAKSI

 

ADITYA PUTRA PRATAMA, (2021) Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, capital Intensity dan Inventory Intensity terhadap penghindaran pajak pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2016-2019. Pembimbing: Achmad Suhaili SE, M.Si, AK, CA.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Corporate Social responsibility terhadap penghindaran pajak di perusahaan tambnag yang terdaftar BEI; (2) pengaruh Profitabilitas terhadap penghindaran pajak di perusahaan tambang yang terdaftar BEI; (3) pengaruh capital intensity terhadap penghindaran pajak di perusahaan tambang yang terdaftar BEI; dan (4) pengaruh inventory intensity terhadap penghindaran pajak di perusahaan tambang yang terdaftar BEI.

 

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2016-2019 sebanyak 47 perusahaan, sampel yang digunakan 16 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan perpose sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiaf atau hubungan. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data laporan keuangan dan tahunan yang telah dipubliskasikan melalui www.idx.co.id teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linear berganda.

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak hal ini menunjukan perusahaan melaporkan pertanggung jawaban sosial tingkat penghindaran pajaknya rendah. Profitabilitas berpengaruh terhadap penghindaran pajak hal ini menunjukkan semakin tinggi Profitabilitas semakin tinggi juga tingkat penghindaran pajak. Capital intensity tidak berpengaruh dalam penghindaran pajak hal ini dikarenakan semakin tinggi capital intensity tidak mempengaruhi perusahaan untuk melakukan penghindaran pajak. Inventory intensity tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak semakin tinggi inventroy intensity maka tingkat penghindaran pajaknya rendah.

Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Profitabilitas,Capital Intensity, Inventory Intensity, Penghindaran Pajak       

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI