DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMBERIAN PUPUK UREA, ZEOLIT DAN ASAM HUMAT TERHADAP PERTUMBUHAN BAWANG DAUN (Allium fistulosum L.) DAN PERUBAHAN BEBERAPA SIFAT KIMIA TANAH PADA LAHAN GAMBUT
PENGARANG:RIKO PUTRA RAMADHANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-05


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Pupuk Urea, Zeolit dan AH-90 terhadap perubahan pH, N-Mineral (NH4+ dan NO3-), Fe-larut, berat kering dan Serapan N Tanaman Bawang Daun (Allium fistulosum L.) yang ditanam di lahan gambut. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor percobaan yang diaplikasikan pada penelitian ini adalah pupuk urea yaitu dengan taraf 0 kg/ha, 75 kg/ha dan 100 kg/ha. Zeolit dengan taraf 0 ton/ha dan 10 ton/ha dan Asam Humat (AH-90) dengan taraf 0 kg/ha dan 10 kg/ha.

Pengamatan terbagi menjadi dua kelompok yaitu pengamatan pertumbuhan Bawang Daun (Allium fistulosum L.)  dan pengamatan sifat kimia tanah. Analisis pertumbuhan Bawang Daun (Allium fistulosum L.) meliputi Berat kering tanaman. Berat kering tanaman dan Kandungan N-Jaringan Tanaman. Pengamatan pengamatan sifat kimia tanah meliputi pH tanah, N-NH4+ (Ammonium), N-NO3- (Nitrat) dan Fe larut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi pemberian perlakuan (Urea, Zeolit dan Asam Humat) tidak berdampak terhadap parameter perubahan nilai pH tanah gambut, N-Jaringan Tanaman dan Berat Kering Tananaman Bawang Daun, penambahan Urea mampu meningkatkan kandungan Nitrat (NO3-) pada tanah gambut dan Pemberian Zeolit mampu menurunkan Ammonium (NH4+) dan kelarutan besi pada tanah gambut.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI