DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MAKE A MATCH DAN METODE TANYA JAWAB PADA KELOMPOK A TK ROKHANIYAH MUSLIMAT NU BARABAI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:NADA HUMEIRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-06


 

ABSTRAK

 

 Humeira, Nada. 2021. “Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Konsep Bilangan Menggunakan Kombinasi Model Make A Match Dan Metode Tanya Jawab Pada Kelompok A TK Rokhaniyah Muslimat NU Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah’’. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dra.Hj. Ike Hananik, M.Pd.

 

 Kata Kunci : Kognitif, Mengenal Konsep Bilangan, Model Make A Match, Metode Tanya Jawab

 

 Penelitian ini dilakukan di TK Rokhaniyah Muslimat NU Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah pada kelompok A. Masalah utama pada dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini dikarenakan aspek kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan belum berkembang.  Ini disebabkan karena pendidik hanya menggunakan metode ceramah. Dan menggunakan media yang kurang menarik minat anak. Selain itu anak kurang terlibat aktif dan terlihat bosan dalam kegiatan pembelajaran. Apabilamasalah ini tidak dipecahkan dampaknya anak akan mengalami kesulitan dalam kemampuan aspek kognitif anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan capaian perkembangan anak dalam kegiatan mengenal konsep bilangan.

 Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Setiap pertemuan dilaksanakan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi guru, observasi anak, dan observasi hasil capaian perkembangan kognitif  anak. Indikator keberhasilan yaitu apabila aktivitas   guru mencapai kategori sangat baik, aktivitas anak secara klasikal mencapai kategori sangat aktif sedangkan capaian perkembangan kognitif secara individual dengan kategori berkembang sangat baik.

 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru berada pada kategori Sangat Baik dengan skor 26. Aktivitas anak menunjukkan peningkatan secara klasikal mencapai 100% dengan kategori Sangat Aktif dan pada hasil pencapaian perkembangan kognitif anak mencapai 90% dengan kategori Berkembang Sangat Baik.

 Kesimpulan penelitian ini adalah “Mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan menggunakan kombinasi model make a match dan metode tanya jawab pada kelompok A TK Rokhaniyah Muslimat NU Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah” dan hipotesis penelitian ini dapat diterima. Disarankan agar guru dapat menggunakannya sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan pengembangan kemampuan aspek kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI