DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MODEL “GAMES” PADA MUATAN IPA DI KELAS IV SDN KOTA RADEN HULU 1 HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:NIDA MUNIRAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-08


ABSTRAK

Munirah, Nida. 2021.Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Menggunakan  Model “GAMES” Pada Muatan IPA  Di Kelas IV SDN Kota Raden Hulu 1 Hulu Sungai Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D

 

Kata Kunci      : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, IPA, GAMES.

           

            Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya dan gerak. Penyebab dari masalah tersebut adalah pembelajaran masih berpusat pada guru (Teacher Center) dan pembelajaran tidak bermakna. Solusi dalam mengatasi masalah di atas adalah melakukan pembelajaran menggunakan model Pembelajaran GAMES yang merupakan kombinasi dari model pembelajaran kooperatif  Jigsaw, Numbered Heads Together dan Two Stay Two Stray. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi gaya dan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar pada siswa kelas IV SDN Kota Raden Hulu 1.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kota Raden Hulu 1 yang berjumlah 9 siswa, yaitu 6 orang laki-laki dan 3 orang perempuan, pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada pertemuan I hingga pertemuan III dengan perolehan aktivitas guru dalam melaksanakan model pembelajaran mendapatkan skor 28 dari 32 skor maksimal di pertemuan I,  mendapat skor 29 dari 32 skor maksimal di pertemuan II dan mendapat skor 31 dari 32 skor maksimal di pertemuan III. Aktivitas siswa pada pertemuan I yaitu 87,5%,  meningkat menjadi 90,625% pada pertemuan II dan  meningkat lagi menjadi 96,875% pada pertemuan III. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa 77,78% di pertemuan I meningkat menjadi 100% di pertemuan II dan III.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dalam menggunakan model pembelajaran GAMES dapat terlaksana sesuai dengan langkah-langkah model serta aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Adapun saran untuk guru, kepala sekolah dan peneliti lain adalah penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menulis menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI