DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 8 MUATAN PPKN MATERI PENERAPAN SILA PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MENGGUNAKAN KOMBINASI COPICO (CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING, PICTURE AND PICTURE DAN COURSE RIVIEW HORAY) PADA KELAS III B SDN PEMURUS DALAM 5 BANJARMASIN
PENGARANG:AZLINA FAUZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-09


ABSTRAK

Azlina Fauzah. 2020. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar  Siswa  Tema 8 Muatan PPKn Materi Penerapan Sila Pancasila Dalam Kehidupan Kehidupan Sehari-hari Menggunakan Kombinasi COPICO (Contekstual Teaching And Learning, Picture and Picture, dan Course Riview Horay) Pada Kelas III B SDN Pemurus Dalam 5 Banjarmasin. Skripsi Program Studi PG-PSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Contextual Teaching and Learning, Picture and picture dan Course Riview Horay. 

 

Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya perhatian siswa dan kurangnya interaksi antar siswa pada mata pelajaran PPKn Tema Praja Muda Krana materi Penerapan Sila Pancasila. Penyebabnya karena penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat lebih bepusat pada guru, keterlibatan siswa belum menyeluruh hanya didominasi oleh siswa yang pandai, siswa hanya ingin berdiskusi dengan teman akrabnya saja tidak menghiraukan teman yang lain. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan kombinasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Picture and picture dan Course Riview Horay. 

Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Setting penelitian adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Pemurus Dalam 5 Banjarmasin 1 yang berjumlah 27 siswa terdiri dari 15 orang laki-laki dan 12 orang perempuan KKM 67 pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif (lembar observasi aktivitas guru dan observasi siswa), dan data kuantitatif (hasil belajar siswa). Adapun indikator keberhasilan PTK ini adalah siswa dapat mencapai ketuntasan belajar secara individu ≥70 dan dapat mencapai ketuntasan klasikal ≥80% serta aktivitas guru mencapai kategori “Sangat Baik” dan aktivitas siswa mencapai kategori “Sangat Aktif”.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I, mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kriteri  sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 38%, pertemuan II mencapai 44%, pertemuan III mencapai 85%.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Picture and picture dan Course Riview Horay dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PPKn Tema Praja Muda Krana materi Penerapan Sila Pancasila.  Disarankan kepada guru agar dapat diajadikan salah satu alternatif pemilihan model untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI