DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KESESUAIAN MATERI PEMBELAJARAN IPS KELAS VII SEMESTER II TENTANG KEHIDUPAN MASYARAKAT PADA MASA HINDU-BUDDHA DENGAN KOMPETENSI DASAR
PENGARANG:MARKIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-11


ABSTRAK

Markiah. 2021. Analisis Kesesuaian Materi Pembelajaran IPS Kelas VII Semester II Tentang Kehidupan Masyarakat Pada Masa Hindu-Buddha dengan Kompetensi Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, MA dan Pembimbing II: Muhammad Rezky Noor Handy, M.Pd.

Buku teks peserta didik kelas VII SMP/MTs kurikulum 2013 revisi 2017 pada tema Kehidupan Masyarakat pada Masa Hindu-Buddha perlu untuk dilakukannya penambahan materi pembelajaran karena minimnya penjabaran dari kerajaan-kerajaan dan tidak memuat muatan lokal di daerah.

Tujuan penelitian ini menjelaskan mengenai deskripsi materi IPS kelas VII semester II pada sub bab Kehidupan Masyarakat pada masa Hindu-Buddha dan menganalisis kesesuaian materi IPS dengan Kompetensi Dasar

Penelitian ini dilakukan analisis dengan pencarian data-data sebagai hasil penelitian yang bersumber dari skripsi, artikel ilmiah, dan jurnal yang relevan. Studi literatur digunakan untuk mendeskripsikan penelitian ini dengan menggunakan sumber dari jurnal, buku ataupun ebook dan tugas akhir yang sesuai dengan masalah yang dimuat.

Hasil penelitian materi IPS tentang kehidupan masyarakat pada masa Hindu-Buddha di Indonesia terdapat empat pembahasan materi yaitu 1). Masuknya kebudayaan pada masa Hindu-Buddha di Indonesia (kepulauan Indonesia menjadi pemberhentian bagi pedagang Cina dan pedagang India akibatnya pengaruh Hindu-Buddha dari India menyebar ke Indonesia), 2). Pengaruh Hindu-Buddha terhadap Masyarakat di Indonesia (pengaruh masuknya Hindu-Buddha dari bidang pemerintahan, sosial, ekonomi, agama, dan kebudayaan, 3). Kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia (perkembangan kerjaan-kerajaan Hindu-Buddha seperti kerajaan Kutai), dan 4). Peninggalan-peninggalan masa Hindu-Buddha (candi,stupa,gapura). Pembelajaran memerlukan keterampilan guru dengan menjelaskan pembelajaran sesuai dengan pengalamannya yang berkaitan dengan sumber yang ada dilingkungan sekitar peserta didik yang memuat muatan lokalnya.

 

Kata Kunci: Buku teks, materi pembelajaran, kompetensi dasar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI