DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Faktor- faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penyerapan Anggaran Belanja Satker Pusat Di Daerah Lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
PENGARANG:DWI PERWITA SARI SUTONO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-12


Dwi Perwita Sari (2021), Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Penyerapan Anggaran Belanja Satker Pusat di Daerah Lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pembimbing I: Dr. Novita Weningtyas Respati, SE, M.Si, Ak, CA. Pembimbing II: Lili Safrida, SE, M.Si, Ak, CA.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, pengawasan intern dan regulasi terhadap tingkat penyerapan anggaran belanja satuan kerja pusat lingkup kementerian LK yang tersebar di daerah seluruh Indonesia. Data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari kuesioner jawaban atas pertanyaan dari 193 responden.

Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satker pusat lingkup kementerian LK yang tersebar di seluruh wilaah Indonesia. Metode pemilihan sampel dengan rumus slovin. Jumlah satker yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 satker dengan pemilihan secara random sampling (acak). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 26.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, dan regulasi berpengaruh signifikan terhadap tingkat penyerapan anggaran belanja. Sedangkan pengawasan intern tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat penyerapan anggaran belanja.

 

Kata kunci: perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, dan pengawasan intern, regulasi, tingkat penyerapan anggaran belanja

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI