DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Ekonomi Kreatif pada Usaha Menengah Kecil Masyarakat (UMKM) Sulam Arguci di Banjarbaru sebagai Sumber belajar IPS
PENGARANG:RHEMA YUNIAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-12


Rhema Yuniar. 2020. Ekonomi Kreatif pada Usaha Menengah Kecil Masyarakat (UMKM) Sulam Arguci di Banjarbaru sebagai Sumber belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Mahmudah Hasanah, M.Pd dan Pembimbing II: Muhammad Rezky Noor Handy, M.Pd.     

Sektor rill yang diharapkan pemerintah dapat menekan angka pengangguran menuju Indonesia Emas 2045 adalah ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif merupakan suatu penciptaan nilai tambah (ekonomi, sosial, budaya, lingkungan) berbasis ide yang lahir dari kreativitas sumber daya manusia dan berbasis pada pemanfaatan ilmu pengetahuan, termasuk warisan budaya dan teknologi. Di antaranya UMKM sulam arguci yang berfokus pada produksi kain khas kearifan lokal Kalimantan Selatan. Ekonomi kreatif tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS. Tujuan penelitian ini: 1) menjelaskan profil Usaha Menengah Kecil Masyarakat (UMKM) Sulam Arguci di Banjarbaru. 2) Menjelaskan ekonomi kreatif pada Usaha Menengah Kecil Masyarakat (UMKM) Sulam Arguci di Banjarbaru. 3) Menjelaskan ekonomi kreatif pada Usaha Menengah Kecil Masyarakat (UMKM) Sulam Arguci di Banjarbaru sebagai sumber belajar IPS.

Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif diterapkan pada penelitian ini guna mendeskripsikan aspek ekonomi kreatif secara menyeluruh. Sumber data berasal dari observasi tempat penelitian, wawancara dengan ketua UMKM Mawar Handycraft, penyulam arguci, staf Rumah Kreatif Banjarbaru, guru IPS dan Dosen Pendidikan IPS. Dokumentasi di lapangan berupa gambar/foto dan rekaman. Analisis data menggunakan reduksi data sesuai dengan rumusan dan tujuan penelitian. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi (sumber, teknik, dan waktu).

Hasil penelitian: 1) Sulam arguci merupakan kain khas suku Banjar yang hanya boleh dimiliki oleh raja dan bangsawan pada masa Kesultanan Banjar. Produk sulam arguci telah resmi menjadi unggulan kota Banjarbaru pada tahun 2012. Produksi sulam arguci di Banjarbaru berawal dari UMKM Mawar Handycraft dan telah berkembang menjadi produk-produk inovasi. 2) Ekonomi kreatif pada UMKM sulam arguci di Banjarbaru dapat dijabarkan dalam tiga hal pokok yaitu kreativitas, inovasi, dan penemuan 3) UMKM sulam arguci merupakan salah satu bentuk ekonomi kreatif yang dapat dijadikan sumber belajar IPS pada muatan materi Ekonomi Kreatif.

 

Kata Kunci: UMKM Sulam Arguci, Ekonomi Kreatif, dan Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI