DIGITAL LIBRARY



JUDUL:REPRESENTASI NILAI FEMINISME DALAM NOVEL "AKU LUPA BAHWA AKU PEREMPUAN" KARYA IHSAN ABDUL QUDDUS
PENGARANG:RIA NITA ANGGREANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-12


 

ABSTRAK

 

       Ria Nita Anggreani, 1710414220026, Representasi Nilai Feminisme dalam Novel ‘Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan’ Karya Ihsan Abdul Quddus di bawah bimbingan Atika dan Astinana Yuliarti.

 

       Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana representasi nilai-nilai feminisme dalam novel ‘Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan’ karya Ihsan Abdul Quddus. Guna mengkaji permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis naratif model Tzvetan Todorov. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca seluruh isi novel lalu mengambil beberapa teks atau narasi yang mengandung nilai-nilai feminisme dan studi literatur.

 

       Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai feminisme direpresentasikan oleh penulis dalam bentuk narasi pemikiran tokoh, dialog antartokoh serta paparan setiap peristiwa yang terjadi dalam novel. Selain itu, dengan menggunakan analisis naratif yang membagi cerita menjadi 3 (tiga) fase, diketahui bahwa sejak fase awal (ekuilibrium), fase kekacauan, hingga fase akhir (ekuilibrium) dalam novel ‘Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan’ Karya Ihsan Abdul Quddus terdapat beberapa aliran feminisme, diantaranya: feminisme liberal, feminisme eksistensialisme, feminisme radikal dan feminisme postmodern.

 

 

Kata Kunci: Feminisme, Media Massa, Kemerdekaan Perempuan, Konstruksi Sosial.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI