DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI KELAYAKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SMPN 30 BANJARMASIN
PENGARANG:KHAIRIL AZMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-12


ABSTRAK

Khairil Azmi. 2020. Evaluasi Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VII SMPN 30 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi, Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I : Dr. H. Hamsi Mansur, M.Pd. Pembimbing II : Agus Hadi Utama, M.Pd

 

Kata Kunci : Evaluasi, Multimedia Pembelajaran.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS submateri kegiatan ekonomi untuk kelas VII di SMPN 30 Banjarmasin. Dan untuk mengetahui  evaluasi kelayakan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS submateri kegiatan ekonomi sudah bisa atau belum dijadikan media belajar siswa di kelas VII SMPN 30 Banjarmasin.

Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalahpenilitian kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil analisis data dalam bentuk angka yang digunakan untuk melihat kualitas dan kelayakan hasil produk Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif sebagaimedia belajar media pembelajaran berdasarkan rekomendasi dan validasi ahli materi, ahli media dan siswa sebagai pengguna. Data kualitatif diperoleh dari penilitian awal dan uji coba produk.

Hasil penelitian ini adalah : 1) Multimedia pembelajaran ini menunjukan kelayakan hasil penyajian materi dengan persentase rata-rata dari validasi ahli materi 96,5% yang keduanya termasuk dalam kriteria sangat baik atau sangat layak. 2) Multimedia pembelajaran ini menunjukan kelayakan hasil produk dengan dua aspek yaitu aspek hasil produk dan aspek keefektifitasan bagi siswa yang diberi penilaian menurut siswa kelas VII-C SMPN 30  Banjarmasin menunjukan persentase 87,1%, termasuk kriteria sangat baik atau sangat layak digunakan.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI