DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK DALAM MENGETAHUI KONSEP BANYAK DAN SEDIKIT MELALUI MODEL DEMONSTRASION, METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA KELOMPOK A1 TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 43, BANJARMASIN
PENGARANG:RISMA ANJELIYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-13


 

Permasalahan ini adalah belum berkembangnya aspek kognitif anak dalam mengetahui konsep banyak dan sedikit di TK . Penyebabnya dari permasalahan adalah pada saat melakukan kegiatan mengetahui konsep banyak dan sedikit guru hanya menggunakan LK yang ada dibuku kurikulum dengan menjelaskan kemudian memberikan tugas kepada anak sehingga kegiatannya masih berpusat kepada penjelasan guru dan beberapa anak tidak aktif dalam melakukan kegiatan pembelajaran tersebut. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan anak dalam mengetahui konsep banyak dan sedikit .

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Subjek penelitian adalah anak kelompok A1 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 43 Banjarmasin 2021/2022, jumlah anak sebanyak 8 anak, dengan 6 anak perempuan dan 2 anak laki-laki. Cara pengumpulan data dengan menggunakan Kualitatif dan Kuantitatif. Analisis data secara deskriptif kualitatif dalam bentuk table, grafik dan interprestasi menggunakan persentase. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai kriteria Sangat baik dengan skor 23-28 , aktivtas anak mencapai kriteria Sangat Aktif dan hasil capaian perkembangan mencapai kriteria Berkembang sangat baik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai kriteria sangat baik , aktivitas anak mencapai kriteria Sangat Aktif. Dan pada hasil capaian perkembangan anak mencapai kriteria Berkembang Sangat Baik.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Aspek Kognitif Anak dalam Mengetahui Konsep Banyak dan Sedikit pada Kelompok A1 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 43 dengan Menggunakan Model Demonstration, Metode Pemberian Tugas dengan Media Audio-Visual mengalami perkembangan yang optimal dan hipotesis dapat diterima. Saran penggunaan model, metode dan media ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas anak yang berdampak pada hasil perkembangan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI