DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Aspek Teknis dan Finansial Perikanan Rengge (Gillnet) Di Perairan Rawa Bangkau Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:ARY PURWANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-14


ABSTRAK

Ary Purwanto Program Studi Perikanan Tangkap, Analisis Aspek Teknis dan Finansial Perikanan Rengge (Gill Net) Di Perairan Rawa Bangkau Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan dibawah bimbingan Ir. Iriansyah, sebagai ketua pembimbing dan Eka Anto Supeni, sebagai Anggota Dosen Pembimbing.

 

Rawa Bangkau merupakan perairan yang memiliki daerah luas genangan bervariasi sepanjang tahun. Pada musim penghujan genangan air meluas ke lahan rawa banjiran dan pada musim kemarau air terperangkap di daerah rawa dan daerah galian atau kolam rawa. Tujuan penelitian ini mengetahui aspek teknis dan aspek finansial perikanan rengge (gillnet) di perairan rawa Bangkau Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Metode yang digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis teknis dan analisis finansial perikanan rengge (gillnet). Hasil dari penelitian ini adalah alat tangkap rengge (gillnet) memiliki badan jaring dengan panjang 15-21 meter  lebar 1,15 meter dan mesh size 5 cm, tali ris atas 19-25 meter, Pemberat panjang 2,3 cm dan lebar 1,6 cm dan Pelampung tanda dari botol bekas. Hasil analisis finansial erikanan rengge (gillnet) di perairan rawa Bangkau menguntungkan dimana Payback Period dapat mengembalikan modal yang di investasikan, ROI menunjukan usaha perikanan rengge (gillnet) mendapat keuntungan dalam setiap biaya yang di investasikan dan nilai R/C > 1.

 

Kata Kunci : Rengge (gillnet), Analisis Finansial dan Perairan Rawa Bangkau

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI