DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Dinamika Jenis Ikan Yang Tertangkap Pada Selambau (Filtering Deivice) Di Perairan Desa Sapala Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan
PENGARANG:MUHAMMAD IKHSAN SULFAHMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-14


ABSTRAK

Muhammad Ikhsan Sulfahmi (1710713310006). Program Studi Perikanan Tangkap. Dinamika Jenis Ikan Yang Tertangkap Pada Selambau (Filtering Deivice) Di Perairan Desa Sapala Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan.  Di bawah bimbingan Erwin Rosadi sebagai ketua pembimbing dan Eka Anto Supeni sebagai anggota pembimbing.

 

Tujuan penelitian ini 1)  Mendeskripsikan Selambau (Filtering Deivice) yang digunakan di perairan Desa Sapala. 2) Mengetahui jenis dan komposisi ikan yang tertangkap pada Selambau (Filtering Deivice) di Perairan Desa Sapala. 3) Menganalisis indeks keanekaragaman, indeks keseragaman dan dominansi ikan yang tertangkap pada Selambau (Filtering Deivice) di Perairan Desa Sapala. Dalam penelitian ini, menggunakan data primer dan data sekunder. Alat tangkap yang digunakan dalam penelitian ini Selambau (Filtering Deivice) di perairan Desa Sapala. Alat penangkapan ikan Selambau (Filtering Deivice) dioperasikan dari Mei hingga September. Proporsi seluruh hasil tangkapan terdapat 6 jenis spesies ikan, yang paling dominan adalah ikan kelatau (Betta picta) sebanyak 173 kg dengan presentase 97.4 % hasil tangkapan terendah pada ikan saluang (Rasbora sp) sebanyak 0.08 kg dengan presentase 0.04 %. Nilai indeks keanekaragaman ikan perairan rawa desa sapala 0.08-0.11. nilai indeks keseragaman sampling ke I didapat nilai (E) 0.008 menunjukan (0 < E ≤ 0.5 ) keseragaman populasi kecil, komunitas tertekan. Pada sampling ikan ke II di dapatkan nilai (E) 0.010 juga menunjukan (0 < E ≤ 0.5) keseragaman populasi kecil, komunitas tertekan. indeks dominasi yang berkisar antara 0.96-0.97. Pada sampling ikan ke I didapat hasil indeks dominasi dengan nilai (C) 0.97, pada sampling ke II didapat hasil indeks dominasi dengan nilai (C) 0.96, dominansi komunitasnya di katakan labil.

 

 

Kata Kunci : Selambau, Indeks Keanekaragaman, Indeks Keseragaman, Indeks Dominasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI