DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Financial Distress Dan Opinion Shopping Terhadap Opini Audit Going Concern (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2016)
PENGARANG:DEWI FITRIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-14


ABSTRAK

Dewi Fitriyanti (2017), Pengaruh Financial Distress dan Opinion Shopping Terhadap Opini Audit Going Concern (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI tahun 2011-2016). Dosen Pembimbing I: Dr. Novita Weningtyas Respati, SE, M.Si, Ak, CA. Dosen Pembimbing II: Chairina, SE, M.Si, Ak, CA.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji pengaruh financial distress terhadap opini audit going concern; (2) menguji pengaruh  opinion shopping terhadap opini audit going concern.

Penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi penelitian adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 6 periode dimulai dari 2011 hingga 2016. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling. Perusahaan yang terpilih untuk di analisis sebanyak 35 perusahaan, sehingga total sampel yang dianalisis sebanyak 210 sampel.  Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi logistik dan pengujian hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 23.

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan financial distress tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern. Hasil penelitian ini selaras dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Wirakusuma dan Setiadamayanti (2016) dan  Ramadhani (2016)  yang membuktikan bahwa masalah keuangan (financial distress) tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern. Akan tetapi hasil penelitian ini menolak pernyataan hasil penelitian yang dilakukan oleh Juliana (2015), yang membuktikan bahwa financial distress berpengaruh signifikan terhadap opini audit going concern.Sedangkan opinion shopping  tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern.

Kata Kunci : Financial Distress, Opinion Shopping, Opini Audit Going Concern.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI