DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN POLA ASUH ORANG TUA DAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TK KELOMPOK A SE GUGUS MELATI KECAMATAN BANJARMASIN BARAT
PENGARANG:Lidya Astuti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-14


 

ABSTRAK

 

Astuti, Lidya. 2021 Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pola Asuh Orang Tua Dan Alat Permainan Edukatif Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Tk Kelompok A Se Gugus Melati Kecamatan Banjarmasin Barat. Tesis Program Magister Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : (1) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D, dan (2) Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

Kunci : Tingkat Pendidikan, Pola asuh, Alat Permainan Edukatif, Perkembangan Sosial Emosional AUD.

Keluarga adalah lingkungan pertama yang menuntut anak supaya mampu menyesuaikan diri dengan baik sejalan dengan usia dan kematangannya. orang tua memiliki peran besar dalam memberi pengaruh pada pendidikan anak. Masa depan anak akan sangat tergantung dari pengalaman yang didapatkan anak termasuk faktor pendidikan dan pola asuh orang tua dalam memberikan fasilitas bermain pada anak, pola asuh merupakan proses interaksi yang terjadi antara orang tua dan anak yang memberi pengaruh terhadap perkembangan kepribadian anak. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh tingkat pendidikan, pola asuh orang tua dan alat permainan edukatif terhadap perkembangan sosial emosional anak kelompok TK A Se Gugugs Melati Kecamatan Banjarmasin Barat.

Metode Jenis penelitian ini adalah kuantitatif Penelitian dilakukan di TK Gugus Melati Kecamatan Banjarmasin Barat dengan populasi 361. Sampel diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling sebanyak 190 responden orang tua. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner yang diuji validitasnya menggunakan teknik koefisien korelasi produk moment. Analisis data meggunakan deskriptif dan analisis jalur, pengolahan data menggunakan SPSS versi 16.0.

Hasil penelitian : (1)Ada pengaruh langsung antara tingkat pendidikan pola asuh orang tua dan alat permainan edukatif terhadap perkembangan sosial emosional anakelompok A di TK Gugus Melati Kecamatan Banjarmasin Barat. (2)Tidak ada pengaruh tidak langsung tingkat pendidikan melalui pola asuh dan tingkat pendidikan melalui alat permainan edukatif terhadap perkembangan sosial emosional anak kelompok A di TK Gugus Melati Kecamatan Banjarmasin Barat.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI