DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT INDONESIA
PENGARANG:ANGGIE RISKA AGUSTINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-15


ABSTRAK

Anggie Riska Agustina, 2021.  Kebudayaan dan Masyarakat Indonesia Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd.. dan Pembimbing II: M. Adhitya Hidayat Putra, M.Pd

Kebiasaan pada masyarakat menjadi suatu kebudayaan yang diartikan sebagai hal yang berkaitan dengan akal dan juga semua hasil karya. Kebudayaan juga selalu berubah sesuai dengan perubahan manusia, masalah ini disebabkan oleh sikap dan sifat manusia yang menginginkan terjadinya perubahan. Proses ini terjadi karena adanya perkembangan-perkembangan baru dalam kebudayaan manusia. Munculnya unsur baru dalam budaya maka akan terjadi perubahan di masyarakat. Dengan kata lain kebudayaan yang berdasarkan pada nilai-nilai kebenaran yang parsial atau marjinal tidak dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama atau permanen.

Tujuan Penelitian 1). Mendeskripsikan definisi Antropologi. 2). Mendeskripsikan ruang lingkup Antropologi kebudayaan. 3). Mendeskripsikan definisi Masyarakat. 4). Mendeskripsikan definisi Kebudayaan. 5). Mendeskripsikan Wujud Kebudayaan. 6). Mendeskripsikan Unsur-unsur Kebudayaan. 7). Mendeskripsikan Perubahan Kebudayaan pada Masyarakat Indonesia. Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode studi literature untuk mendeskripsikan penelitian ini dengan menggunakan sumber dari jurnal, buku dan ebook yang sesuai dengan masalah yang dimuat.

Hasil penelitian: 1). Antropologi merupakan ilmu komparasi bagaimana orang-orang memahami dunia sekitar mereka dengan cara berbeda-beda bagaimana suatu kebudayaan mempengaruhi pengalaman seseorang dan kelompok. 2). Antropologi budaya menelaah kebudayaan manusia yang tersebar di seluruh permukaan bumi. 3). Masyarakat digambarkan sebagai sistem dari berbagai komponen yang saling berkaitan secara fungsional. 4).  Kebudayaan dipahami sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi, akal, manusia yang meliputi pandangan, sikap, nilai, moral, tujuan dan adat istiadat. 5). Kebudayaan seluruh sistem gagasan, aktivitas dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang menjadi kepemilikan diri manusia dengan belajar. 6). Kebudayaan dapat memiliki corak yang khas karena adanya unsur kebudayaan, ada tujuh unsur kebudayaan yaitu, bahasa, mata pencaharian, pengetahuan, organisasi sosial, peralatan hidup dan teknologi, religi dan kesenian. 7). Kebudayaan di masyarakat akan mengalami perubahan tergantung bentuk serta proses yang dipengaruhi masyarakat terhadap nilai-nilai baru yang datang kemudian diikuti yang menimbulkan akibat positif dan negatif. Adanya perubahan yang terjadi di masyarakat diikuti dengan perkembangan zaman yang mengakibatkan munculnya unsur baru sehingga terjadi perubahan kebudayaan didalam masyarakat.

 

Kata kunci: Antropologi, kebudayaan dan perubahan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI