DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE TOPIK KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA KELAS VII SMP
PENGARANG:HIDAYATUL MUKARROMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-15


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif topik  materi dan perubahannya yang valid dan praktis. Media pembelajaran ini diharapkan menjadi solusi keterbatasan media pembelajaran di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) melalui model pengembangan Martin Tessmer. Tahapan-tahapan yang dilakukan yakni tahap evaluasi diri, uji pakar, uji perorangan dan uji kelompok kecil. Subjek penelitian pada uji pakar melibatkan 5 dosen ahli media dan 5 dosen ahli materi, uji perorangan terdiri dari 3 orang peserta didik, dan 8 orang peserta didik pada uji kelompok kecil. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa lembar validasi ahli media dan ahli materi serta angket respon peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu validitas media dari ahli media rata-rata sebesar 0,84 dan validitas media dari ahli materi rata-rata sebesar 0,82. Masing-masing kriteria validitas yaitu sangat valid. Adapun keterbacaan media memperoleh rata-rata 85,9 % dengan kriteria praktis. Kepraktisan harapan media yang diperoleh rata-rata sebesar 93% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan data tersebut, disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif topik klasifikasi materi dan perubahannya valid dan praktis.

Kata kunci: Validitas, kepraktisan, media interaktif, articulate storyline

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI