DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN MEDIA GAMBAR PADA KELOMPOK A TK PERTIWI BATOLA
PENGARANG:MEGA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-15


Mega. 2021. Mengembangkan Kognitif Anak dalam Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Menggunakan Model Picture and Picture dan Creative Problem Solving pada anak kelompok A TK Pertiwi. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Mohammad Dani Wahyudi, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci:Kognitif, Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Picture and Picture dan Creative Problem Solving.

Penelitian ini dilatar belakangi pada rendahnya hasil perkembangan kognitif anak Kelompok A TK Pertiwi dalam Mengenal lambang bilangan 1-10. Hal ini disebabkan Kurangnya stimulus yang diberikan Anak kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan media yang digunakan kurang menarik bagi anak sehingga anak kurang tertarik dalam kegiatan mengenal lambang bilangan 1-10. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikn  aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil pengembangan aspek kognitif dalam mengenal lambang bilangan menggunakan model Picture and Picture dan Creative Problem Solving.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitaif yang dirancang 3 kali pertemuan dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok A TK Pertiwi Barito Kuala yang berjumlah 9 orang anak. Jenis data menggunakan jenis data kualitatif. Cara mengumpulkan data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Analisis data aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan anak.

Hasil penelitian ini menunjukkan guru berhasil melaksanakan proses pembelajaran dengan kriteria sangat baik, keaktifan anak melakukan proses pembelajaran mencapai 55% dengan kriteria “Sangat Aktif”, dan hasil perkembangan kognitif anak mencapai berkembang dengan persentase 82% sesuai dengan indikator perkembangan anak.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan modelPicture and Picture dan Creative Problem Solving pada anak Kelompok ATK Pertiwi Batola. Disarankan agar guru dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu solusi pengembangan pembelajaran kognitif khususnya dalam mengenal lambang bilangan sehingga pelaksanaan proses belajar mengajar lebih bervariasi sesuai dengan kebutuhan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI