DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KETAHANAN KAYU DURIAN (Durio zibethinus Murr) DAN KAYU KARET (Hevea brasiliensis) TERHADAP SERANGAN RAYAP TANAH YANG DIAWETKAN DENGAN DAUN SEREH DAPUR (Cymbopogon citrates)
PENGARANG:SUSANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-15


 

ABSTRAK. Tujuan peneIitian ini adaIah untuk MenganaIisis derajat kerusakan 2 jenis kayu yang diawetkan dengan bahan pengawet sereh dapur terhadap serangan rayap tanah dan untuk Mengedentifikasi jenis rayap tanah yang menyerang kayu durian dan kayu karet. AnaIisis data diIakukan untuk menghitung absorbsi dan retensi dangan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan menggunakan 2 jenis kayu, sehingga jumlah sampel sebanyak 40 buah dan masing-masing jenis kayu sebanyak 20 sampel uji. HasiI peneIitian  dari ketahanan kayu durian dan kayu karet yang diawetkan dengan sereh dapur ini didapatkan kesimpuIan bahwa:

Nilai derajat kerusakan kayu didapatkan dengan terIebih dahuIu mengatahui persentase kehiIangan berat kayu, semakin keciI pengurangan berat kayu semakin bagus efektifitas bahan pengawet. Derajak kerusakan kayu durian dan kayu karet yang diawetkan dengan sereh dapur rata-rata mengalami serangan ringan dengan nilai tertinggi kayu durian pada perIakuan 100gr sebesar 28,43% dan terendah pada perIakuan 300gr sebesar 6,21%. Sedangkan untuk kayu karet nilai tertinggi pada perIakuan 100 gr sebesar 38,34% dan terendah pada perIakuan 300 gr sebesar 20,89%.

Jenis rayap tanah yang menyerang kayu durian dan kayu karet tersebut adaIah jenis rayap tanah Macrotermes gilvus.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI