DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Wisata Kebun Raya Banua sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:RISNA NINGSIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-16


Risna Ningsih. 2020. Wisata Kebun Raya Banua sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum dan Pembimbing II: Akhmad Munaya Rahman, M.Pd.

Kebun Raya merupakan suatu kawasan konservasi tumbuh-tumbuhan di luar lokasiyang memiliki koleksi tumbuhan terdokumentasi dan ditata dengan tujuan penelitian, konservasi, jasa lingkungan, pendidikan, rekreasi dan wisata. Salah satu di antaranya adalah wisata Kebun Raya Banua yang di dalamnya terbagi tiga zona yaitu zona penerima, zona pengelola, dan zona koleksi tumbuhan yang kemudian dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS. Tujuan penelitian ini: 1) menjelaskan profil Kebun Raya Banua yang ada di Kota Banjarbaru. 2) menjelaskan relevansi wisata Kebun Raya Banua sebagai sumber belajar IPS.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data berasal dari observasi tempat penelitian, wawancara dengan Kepala UPT Kebun Raya Banua, tenaga informasi dan perawat tumbuhan di kebun raya banua, camat Kecamatan Cempaka, lurah Kelurahan Palam, guru IPS dan Dosen Pendidikan IPS. Dokumentasi di lapangan berupa gambar/foto dan rekaman. Analisis data menggunakan reduksi data sesuai dengan rumusan dan tujuan penelitian. Uji keabsahan data menggunakan triangualasi (sumber, teknik, dan waktu).

Hasil penelitian: 1) Kebun Raya Banua merupakan suatu kawasan konservasi tumbuh-tumbuhan di luar lokasiyang memiliki koleksi tumbuhan terdokumentasi dan ditata dengan tujuan konservasi, penelitian, pendidikan, wisata, dan jasa lingkungan. Kebun Raya Banua terbagi menjadi zona pengelola, zona penerima, dan zona koleksi tumbuhan. Kebun Raya Banua merupakan kebun raya yang bertema tanaman obat kalimantan. 2) Kebun Raya Banua merupakan suatu kawasan yang di dalamnya terdapat keanekaragaman flora dan fauna, sumber daya alam berupa hutan serta terjadinya interaksi sosial sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS.

 

Kata Kunci: Wisata, Kebun Raya Banua, Sumber Belajar IPS

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI