DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN AKTIVITAS BELAJAR, MOTIVASI DAN ASPEK KOGNITIF ANAK DALAM MEMBILANG ANGKA 1-10 MENGGUNAKAN MODEL MOON PADA KELOMPOK A PAUD PERTIWI BARITO KUALA
PENGARANG:MAHYUNITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-18


ABSTRAK

 

Mahyunita. 2021.” Mengemabngkan Aktivitas, Motivasi dan Aspek Kognitif Anak     Dalam Membilang Angka 1-10 Menggunakan Model MOON Pada Kelompok A PAUD Pertwi Barito Kuala”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D

Kata Kunci: Aktivitas, Motivasi, Kognitif, Membilang Angka

Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini rendahnya aktivitas, motivasi dan aspek kognitif anak dalam membilang angka 1-10  pada kelompok A. Hal ini disebabkan pembelajaran yang masih bersifat abstrak, kegiatan pembelajaran yang tidak menarik serta pembelajaran yang berlangsung satu arah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, motivasi belajar anak serta perkembangan kognitif dalam membilang angka 1-10 menggunakan model MOON.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang dirancang 3 kali pertemuan dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dikelompok A PAUD Pertiwi Barito Kuala yang berjumlah  9 orang anak yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar-lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas anak yang diambil pada proses pembelajaran. Analisis data secara diskriptif dalam bentuk cross table,diagram dan interpretasi presentase. Indikator keberhasilan aktivitas guru dapat dikatakan berhasil jika mencapai “sangat baik”, aktivitas anak rata-rata kategori “sangat aktif”, motivasi anak mencapai kategori “sangat termotivasi” dan hasil perkembangan kognitif minimal dan mencapai “Berkembang Sesuai Harapan” (BSH) dan “berkembang sangat baik (BSB).

Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Aktivitas guru pada pertemuan ke 1 memperoleh kriteria “Cukup Baik”, dan mengalami perbaikan pada pertemuan ke 3 dengan kriteria “Sangat Baik”. (2) Aktivitas anak hanya mencapai kategori “Sebagia Anak Aktif” pada pertemuan 1, berkembang hingga mencapai katerogi “Hampir Seluruh Anak Aktif” pada pertemuan ke 3. (3)Motivasi anak hanya mencapai kategori “Sebagian Anak Termotivasi” pada pertemuan 1 dan berkembang hingga mencapai “Hampir Seluruh Anak Termotivaasi” pada pertemuan ke 3. (4) Hasil perkembangan kemampuan kognitif memperoleh “Sebagian Anak Berhasil Berkembang” pada pertemuan 1 dan mengalami perkembangan pada pertemuan ke 3 dengan kategori “Hampir Seluruh Anak Berhasil Berkembang”.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa model MOON (demonstrasi, congklak dan media stick angka) pada kelompok A PAUD Pertiwi Barito Kuala dalam membilang angak 1-10 mengalami perkembangan yang optimal dan dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil perkembangan anak. Saran bagi kepala sekolah,guru serta peneliti lain adalah sebagai alternatif masukan yang dapat menjadi bahan acuan dalam pengembangan pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI