DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII MTs. NURUL HIDAYAH KEC. SIMPANG EMPAT
PENGARANG:YUSUP PURNAMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-18


Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru dalam menyelesaikan masalah belajar dengan mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII di MTs. Nurul Hidayah. Jenis penelitian yang diterapkan merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan 4D. Model pengembangan 4D terbagi kedalam 4 tahapan utama dan beberapa tahapan kecil didalamnya. Tahapan dalam model pengembangan 4D antara lain, define, design, development, dissemination. Setelah itu dalam teknik analisis pengambilan data yang digunakan dalam pengambilan data teknik analisis kuantitatif deskriptif menggunakan skala likers. Hasil penelitian mendapatkan skor penilaian dari validasi kelayakan ahli media 74,28% masuk kategori “layak”, sementara itu untuk validasi kelayakan ahli materi yang mendapatkan skor 80% masuk kategori “sangat layak”. Untuk penilaian angket respon siswa terdiri dari beberapa jenis, hasil penilian siswa individu mendapatkan skor 86,00% masuk dalam kategori “sangat setuju” pada penilaian siswa dalam kelompok kecil mendapatkan hasil penilian 83,2% masuk kategori “sangat setuju” sedangkan penilian siswa dalam kelompok besar mendapatkan skor 83,64% masuk kategori “sangat setuju”.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI